Mobil Listrik GMC Hummer EV SUV

Diperbarui Tanggal:

22 JULI 2021 12:05

Tag: 2023 EV SUV GMC

Kebangkitan merek Hummer General Motors (GM) berlanjut dengan peluncuran Hummer EV SUV, yang akan tiba pada tahun 2023 sebagai saingan 800hp-plus dari Rivian R1S. Bergabung dengan truk pick-up Hummer yang terkait erat, SUV ini berada di atas platform mobil listrik Ultium GM yang canggih dan menjanjikan pilihan "efisiensi berkendara maksimum atau kemampuan off-road maksimum".

GMC Hummer EV SUV
GMC Hummer EV SUV. - img by: autocarindia.com

Merek Hummer berhenti beroperasi pada tahun 2009 dan dihidupkan kembali hanya tahun lalu dengan peluncuran EV pick-up Hummer. Oleh karena itu, SUV EV menandai SUV baru pertama Hummer dalam 12 tahun.

  • Menggunakan powertrain tri-motor 830hp
  • Diklaim menawarkan jangkauan lebih dari 483km
  • Mendapat mode Ekstrak, yang meningkatkannya sekitar. 152mm untuk membersihkan rintangan

GMC Hummer EV SUV: Detail eksterior dan interior
Siluet kotak dua kotak Hummer EV SUV, gaya kasar dan kisi-kisi depan berpalang mengingatkan pada Hummer H2 dan H3 tetapi, dengan mesin pembakaran besar yang membuka jalan untuk pengaturan tri-motor yang jauh lebih kuat, EV akan menawarkan secara signifikan meningkatkan performa baik di dalam maupun di luar jalan. Hummer EV SUV memiliki panjang 4.999mm dan jarak sumbu roda 3.218 mm.

Struktur dasar bodi-on-baterai Hummer EV SUV dibagi dengan pick-up, sehingga ia hadir dengan panel yang dapat dilepas Infinity Roof yang sama, yang pada dasarnya mengubahnya menjadi mobil konvertibel. Ia juga berbagi fungsi otonom Super Cruise 8, suspensi udara adaptif, ban off-road 35-37 inci, dan perlindungan bagian bawah bodi mobil yang ekstensif.

Di dalam, ia memiliki layar sentuh infotainment 13,4 inci dan layar instrumen digital 12,3 inci. Dengan kursi belakang terlipat rata, ia menawarkan ruang bagasi hingga 2.305 liter.

GMC Hummer EV SUV: Detail Powertrain

General Motors memperkirakan output maksimum 830hp, yang 170hp lebih rendah dari versi pick-up top-rung tetapi cukup untuk membawa SUV dari 0-96kph dalam 3,5 detik.

Angka torsi 15.592Nm yang diklaim beberapa kali lebih banyak daripada yang diproduksi oleh mobil produksi paling bertenaga saat ini, tetapi angka kehidupan nyata kemungkinan akan mendekati 1.355Nm ketika memperhitungkan efek perkalian dari rasio roda gigi.

GM belum merinci spesifikasi baterai yang tepat tetapi telah mengkonfirmasi bahwa SUV akan menyimpan dayanya dalam paket baterai 20-sel, bertumpuk ganda yang mampu mengisi daya 800V dengan kecepatan hingga 300kW dan menawarkan jangkauan lebih dari 483km, tergantung pada spesifikasi.

Sistem penggerak mampu mengirimkan semua daya yang tersedia ke roda individu secara bergantian, yang berarti SUV dapat terus bergerak "dalam beberapa kondisi mengemudi dan medan terberat".

GMC Hummer EV SUV: Teknologi dan kemampuan off-road

Seperti pick-up Hummer EV, SUV ini dilengkapi dengan fungsi Crabwalk inovatif yang mengarahkan gandar belakang untuk memungkinkan kendaraan bergerak secara diagonal. Hummer EV SUV juga mendapat 'Extract Mode', yang mengangkat kendaraan sekitar 152 mm untuk mengatasi medan ekstrem. Dilengkapi dengan fungsi Power Station opsional, SUV ini juga dapat digunakan untuk memberi daya pada perangkat eksternal - dan bahkan EV lainnya - hingga 6kW.

Karena memiliki wheelbase 9mm lebih pendek, GM mengklaim akan menawarkan "kemampuan manuver yang lebih besar". Lingkaran balik 35,4 kaki, menurut catatan GM, lebih kecil dari Ford Mustang Mach-E. Hummer EV SUV memiliki travel suspensi 13-inci, dapat menanjak pada sudut 60 derajat di kedua arah, dapat menskalakan vertikal 18-inci dan dapat mengarungi pada kedalaman lebih dari dua kaki.

GMC Hummer EV SUV: Peluncuran internasional dan rencana India

SUV Hummer EV GMC dijadwalkan mulai dijual di pasar internasional pada 2023. SUV Hummer EV akan ditawarkan dalam empat varian - Edisi 1, 3X, 2X dan entry-level 2.

General Motors, perusahaan induk GMC, menjual mobil di India dengan merek Chevrolet hingga 2017, ketika memutuskan untuk menghentikan operasinya di India. Pada tahun 2020, GM menandatangani MoU untuk penjualan fasilitas produksinya di dekat Ranjangoan, Maharashtra ke China's Great Wall Motor Company (GWM), menandai penarikan penuh dari negara tersebut. Karena General Motors tidak menunjukkan niat untuk kembali ke India, kemungkinan Hummer EV SUV sampai ke India sangat tipis.


Referensi: autocarindia.com

Komentar