Blue Screen kini jadi Black Screen di Windows 11

Diperbarui:

29 JULI 2021 16:26


Waktu membaca:

2 Menit


Dengarkan artikel:
Tag: BSOD Blue Screen Black Screen Windows 11

Microsoft mengubah Blue Screen of Death (BSOD) atau yang biasa kita sebut Blue Screen, sekarang menjadi hitam di Windows 11. Raksasa perangkat lunak ini mulai menguji perubahan desain barunya di Windows 11 awal pekan bulan juni 2021, tetapi Black Screen of Death belum sepenuhnya digunakan. Saya kira Microsoft akan beralih ke Black Screen of Death untuk Windows 11, karena mencocokkan layar logon dan shutdown yang jadi gelap di Windows 11 ini.

Black Screen di Windows 11
Tampilan BSOD Windows11.

Saya pikir ini adalah perubahan besar pertama pada BSOD sejak Microsoft menambahkan emotikon sedih ke layar di Windows 8 pada tahun 2012, dengan menambahkan kode QR yang mengarah ke halaman https://windows.com/stopcode pada 2016. Microsoft pertama kali memperkenalkan BSOD di Windows 3.0, menawarkan cara bagi profesional TI dan personel pendukung untuk mendiagnosis kesalahan perangkat keras dan memori. BSOD adalah kesalahan kernel atau pemeriksaan bug Windows sendiri, dan biasanya mencakup kumpulan data yang dapat membantu administrator sistem menganalisis kesalahan sistem apa yang menyebabkan layar biru.

Black Screen di Windows 11
Tampilan BSOD Windows11.

Sementara Microsoft beralih ke Black Screen of Death di Windows 11, layarnya masih identik dengan yang ditemukan di Windows 10. Emitikon sedih tetap ada, seperti halnya kode berhenti dan crash dump. Pratinjau Windows 11 saat ini menyertakan BSOD hijau, warna yang telah digunakan Microsoft untuk build Windows Insider sejak 2016.

Kami tidak sepenuhnya yakin mengapa Microsoft mengubah warna dari biru menjadi hitam, dan pihak Microsoft belum mengomentari perubahan tersebut. Ada kemungkinan Microsoft sedang merombak banyak bagian Windows 11, dengan pendekatan baru ke OS. Kemungkinan karena Windows 11 menyertakan perombakan visual untuk memodernisasi OS di area utama, termasuk bagian klasik seperti menu Start, File Explorer, bahkan di tampilan BSOD.


Referensi: The Verge

Komentar